HOME      ABOUT      SITEMAP       PRIVACY POLICY       CONTACT         

Friday, January 5, 2018

TV Sharp 29axs250e2 protek transistor horizontal jebol terus

Beberapa minggu yang lalu kedatangan pasien membawa tv tabung 29" merk sharp dengan keluhan led indikator hanya menyala merah istilah tusernya protek.
Langsung saja chasing kubuka, seperti biasa pcb kubersihkan terlebih dahulu menggunakan kuas, dari fisik komponen tidak ada yang mencurigakan, kuukur transistor horizontal dengan type C6089 ternyata terukur short, kucabut transistor tersebut dari pcbnya dan kucoba mengukur tegangan B+nya ternyata terukur normal 120v, dan led indikator dapat berubah kehijau kemudian kembali merah. karena tidak punya transistor sejenis akhirnya kugunakan transistor J6810. setelah transistor terpasang saatnya ujicoba craaakkk... gambar semutpun langsung nangol, dan kucolok kabel antena gambarpun dapat tampil dengan sempurna, akhirnya tv pun diambil siempunya.
Singkat cerita 9 hari kemudian siempunya kembali membawa tvnya katanya tvnya kumat lagi, kembali chasing tv kubuka dan kudapati transistor horizontal yang kuganti sebelumnya jebol lagi, kembali kuganti dengan transistor yang sama tetapi sebelumnya kuukur kapasitor yang ada pada pin kolektor tr horizontal tersebut, ternyata capasitor dalam keadaan sehat dan capasitor pun kembali kusolder ditempat semula, sudah yakin tidak ada komponen yang rusak tv pun kuuji coba craccckk.... gambar semut langsung nongol dilayar dan kembali kupasang kabel antena gambarpun dapat tampil dengan sempurna sembari kuraba pendingin transistor horizontal, ternyata baru hidup kurang lebih 1 menit lamanya panasnya tidak normal ck.. ck.. ck.. pantesan tr horizontalnya jebol.
untuk mengurangi panasnya akhirnya kuganti alumunium yang agak besar dan 3 utas kabel sehingga seperti gambar dibawah
Setelah terpasang seperti foto diatas kebali kucoba tv ini craakk... sembari kuraba alumunium pendinginnya 1 menit anget-anget aja, 3menit agak panas dan 5 menit wow.... hot bro... he.. he.. he..
Cepat-cepat kumatikan tv ini dari pada tr horizontalnya korban lagi. Rehat sejenak sembari berfikir kira-kira apanya yang rusak ya? kalau yoke nya pasti tr horizontalnya jebol seketika, akhirnya kugunakan ilmu coba-coba he.. he.. he...
Yakni mengganti flybacknya kebetulan ada stocknya sisa 1, kuganti flyback tv ini dengan no punggung yang sama he.. he.. he.. ini lagi main bola atau nyervis ya?
Setelah flyback baru terpasang dengan no part FA144 saatnya ujicoba craaakkk..... 5 menit masih adem, 30 menit masih adem juga, 1 jam masih adem juga, oalah... ternyata flybacknya yang sudah error, padahal diukur menggunakan multitester tidak ada yang short, ya udah yang penting tv ini jadi.

Untuk mempermudah berikut foto flyback yang kuganti
Demikian share kali ini semoga bermanfaat buat pengunjung sekalian. tetap semangat

No comments:

Post a Comment